Contoh Proposal Pendirian Usaha Baru Kewirausahaan



PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BUNGA FLANEL
FlaFlor

Description: C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20170929-WA0119.jpg
DISUSUN OLEH:
MUHAMAD SAEPURAHMAN
XII TKJ 1
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KOTA BOGOR
TAHUN AJARAN 2017/2018



KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT,. Diantara sekian banyak nikmat Allah membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Pengantar Bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh bapak guru pada mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Tuhan YME, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.




Bogor, 26 September 2017





Penulis






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan ........................................................................ 4
1.2.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan ................................................... 4 
BAB II RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1.   Latar Belakang ............................................................................................... 5
2.2.   Waktu Operasional ......................................................................................... 5 
BAB III ANALISIS INDUSTRI
3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha ....................................................................... 6
3.2.   Analisis Persaingan ........................................................................................ 6
3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki ........................................................... 6 
BAB IV DESKRIPSI USAHA
4.1.   Produk yang dihasilkan .................................................................................. 7
4.2.   Ruang Lingkup Usaha ................................................................................... 7 
BAB V RENCANA PRODUKSI
5.1.   Proses Produksi .............................................................................................. 8 
BAB VI RENCANA PEMASARAN
6.1.   Penetapan Harga ............................................................................................ 9
6.2.    Distribusi ..................................................................................................... 10
6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan ......................................................... 10 
BAB VII PENUTUP
7.1.   Kesimpulan .................................................................................................. 11




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama usaha                 : Flaflor
Alamat produksi         : Jalan Bitungsari Rt 01/06 No. 18, Kec. Ciawi – Kab. Bogor
No. Telp                      : 0856-7276-915


1.2.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Usaha yang saya gagas bergerak dibidang perdagangan yang menjual hasil kerajinan tangan kain flanel yang pastinya menarik dan cocok sesuai dengan selera masyarakat, teutama bagi kaum remaja.
Sebeum saya menjalankan usaha yang saya rencanakan ini, maka saya harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, saya akan mempromosikan dan mendistribusikan produk saya melalui toko online atau beberapa flatform internet pendukung lainnya guna memudahkan akses kepada para konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Belajar berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan handycraft yang kekinian,
3) Belajar menjalin hubungan dengan customer,
4) Mendapatkan keuntungan atau laba.














BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1.   Latar Belakang
Dunia bisnis selalu menghadirkan jutaan kejutaan bagi para penggiat serta mereka yang hidup didalamnya. Semua lini bisa menjadi lahan subur yang dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah. Pupuknya adalah kreatifitas. Maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha handicraft yang up to date dan kekinian. Sasaran terbesarnya adalah dunia remaja dimana pemegang pasar terbesarnya berada di dunia maya (online).
Banyak muda – mudi dewasa ini sangat terbantu akan adanya pembaruan pada bidang teknologi komunikasi. Mereka seakan – akan merasa terbantu dan terlayani dengan hal tersebut. Begitu akrab dan dekat antara keduanya, maka saya memanfaatkan fenomena ini yang diikuti dengan pengembangan ide – ide kreatifitas sebagai nilai jualnya. Para konsumen pun dengan perkembangan teknologi, sangat gemar mencari produk via online.
Usaha Bisnis Handicraft ini tercetus dari keluhan dikalangan konsumen yang pernah membeli bunga organik. Mereka berkeluh bahwa bunga organik tidak bisa dijadikan sebagai barang yang dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Satu sampai dua hari saja sudah layu. Terlebih untuk orang terkasih. Tidak bisa jika hanya sebatas cermonial saja dan butuh sesuatu yang dapat dikenang pada kemudian hari. Berangkat dari hal tersebut, saya mencoba untuk dapat menjawab apa yang menjadi tuntutan dari konsumen dengan cara merancang sebuah Handicraft yang dapat membawa kesan bunga dan memiliki kekuatan ekstra. Hingga timbullah usaha “Flaflor” yang beridiri di kota Bogor, kota yang memiliki tingkat dinamika serta pendidikan yang tinggi daripada kota lain, serta melimpahnya ide – ide kreatifitas yang bisa dikembangkan.
Flaflor didirikan untuk memplopori tuntutan generasi muda yang mencari Handicraft yang kekinian serta up to date sesuai budaya dan keindahan alam Indonesia.


2.2.   Waktu Operasional
Saya membatasi waktu pelayanan selama 12 hari. Terhitung pada tanggal 5 September 2017 s/d Selasa, 17 September 2017. Karena waktu yang terbatas ini merupakan waktu yang saya gunakan untuk mencari citra pasar serta melihat seberapa besar respon masyarakat akan usaha ini.

BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang menitikberatkan konsep “kekinian” dengan promosi yang strategis, maka saya yakin usaha ini dapat menjawab tantangan di masa depan. Karena kemudahan akses dan respon pasar yang cukup bagus di kalangan remaja.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada persaingan via online tidaklah begitu tinggi. Mengingat ide ini masih terbilang baru. Namun bukan tidak mungkin akan terdapat produk yang serupa dikemudian hari. Satu yang menjadi keyakinan saya, walaupun sama tetapi saya yakin dengan kreatifitas yang unik dan berkualitas, produk saya akan mampu bersaing di pasar bisnis.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Produk Flaflor membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha bunga flanel ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha accessories lainnya.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1.   Produk yang dihasilkan
Kami menyediakain bunga flanel sesuai dengan jumlah pesanan yang masuk. Dalam jangka waktu tersebut diatas, maka didapat nilai rata – rata sekitar 3 bucket bunga per minggunya.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
*        Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
*      Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang kekinian,
*      Jenis serta macam dapat mengikuti sesuai dengan kustomisasi pelanggan

Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
*        Harganya yang terjangkau
*        Kualitas produk terjamin
*        Sesuai dengan selera masyarakat

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha bunga flanel ini saya rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen. Karena kepuasan konsumen menjadi obat termanis dari usaha ini.




















BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Flaflor ini kami orientasikan di sela – sela waktu kesibukan kami sebagai pelajar.
Saya hanya membeli barang mentah berupa bunga flanel yang sudah siap dirangkai namun masih dalam bentuk satuan. Untuk penjualannya, saya tidak menerapkan sistem minimum pembelian dan maksimal pembelian. Semuanya tergantung dari kehendak hati daripada keinginan customer. Namun idealnya jumlah bunga yang akan dipesan antara 10-12 tangkai untuk ukuran sedang.

Berikut merupakan proses produksi dari usaha bunga flanel ini
Bahan-Bahan :
10 tangkai bunga flanel
3 lembar kain tipis
1 buah pita instant
1 lembar plastik krep motif

Peralatan :
Lem bakar secukupnya
Kawat tali secukupnya

Cara Pembuatan :
1.    Siapkan bebrapa tangkai bunga yang akan dibuat karangan,
2.    Susun sesuai sedemikian rupa agar indah dilihat. Bisa vertikal maupun horizontal,
3.    Jika sudah terususun, ikat bagian tangkai bunga tadi dengan tali kawat. Ikat serapi mungkin agar tidak sampai melukai tangan,
4.    Berikan alas belakang dengan kain sintetis tipis untuk membuatnya lebih nyaman dilihat. Buat kain tersebut melingkupi dari rangkaian bunga tadi. Satu lembar untuk bagian tangkai, dilanjutkan dengan satu lembar bagian tengah dan satu lembar terakhir di bagian atas rangkaian bunga tadi. Susun sedemikian rupa untuk mempertahankan nilai estetika,
5.    Agar dapat menempel dengan baik, rekatkan ikatan tangkai bunga dengan kain perca sintetis menggunakan lem bakar. Pergunakan lem secukupnya,
6.    Pada tahap ini bentuk karangan bunga sudah terlihat. Kita bisa menambahkan oranamen atau aksesoris pendukung lain untuk mempercantiknya. Sesuaikan dengan permintaan customer,
7.    Biasanya saya memberikan aksesoris tambahan yaitu pita instant berwarna netral seperti biru ataupun merah muda agar tidak kontrast dengan warna dari karangan bunga di atasnya. Simpan dipangkal rangkaian bunga tadi. Rekatkan dengan lem bakar. Bisa diikat ataupun dibiarkan terurai.
8.    Rangkaian bunga sudah siap dipasarkan.


BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
            Harga yang akan saya tetapkan adalah mengikuti besarnya pesanan dari karangan bunga yang diinginkan. Saya hanya menghitung angka kalkulasi dari jumlah tangkai bunga yang dipesan. 1 tangkai bunga saya hargai sebesar Rp. 5.000,-

·       Perhitungan Modal dan Laba
Rincian Dana :
10 tangkai bunga flanel                       @Rp. 3.000    X   10               = Rp. 30.000
3 lembar kain tipis                               @Rp.   500     X   3                 = Rp.   1.500
1 buah pita instant                               @Rp. 1.000    X   1                 = Rp.   1.000
1 lembar plastik krep motif                 @Rp. 1.500    X   1                 = Rp.   1.500
1 batang lem bakar      (Rp. 7.500 : 10)                                               = Rp.      750
1 Pack lilin                  (Rp. 10.000 : 10)                                             = Rp.   1.000
Kawat tali                   (Rp. 12.000 : 12 )                                            = Rp.   1.000
Print kartu ucapan                               @Rp. 1.000     X 1                  = Rp.   1.000
Total :                                      = Rp. 37.750,-
·                     Modal peralatan Produksi
       Rincian dana :
Korek                                                                                                  = Rp. 5.000
Gunting                                                                                               = Rp. 10.000
                                                            Total                                        = Rp. 15.000
Penyesutan modal peralatan produksi per hari = 15.000 : 30             = Rp.   500
·      Jumlah modal produksi yang dikeluarkan per hari :
Modal bahan produksi / pesanan
Rp  37.750
Penyesutan modal peralatan produksi /pesanan
Rp       500
Biaya tenaga kerja
Rp     7.500
TOTAL MODAL/pesanan
Rp. 45.500


·      Penetapan Harga Jual
Perhitungan Harga Jual
@ Kemasan produk:
Bunga falnel
JUMLAH
Jumlah biji @ kemasan
10@1
10 biji @paket
Harga pokok / biji
  Rp.     5.500
Harga jual / paket
     5500 x 10
Rp   55000
Modal @paket
Rp. 45.500
Rp. 45500
Total pendapatan
Rp. 9500

6.2.Distribusi
Sistem distribusi yang saya pilih yaitu distrbusi selektif, tidak akan ada produksi sebelum pesanan masuk karena saya menerapkan sistem preorder untuk dapat menghasilkan barang yang diinginkan pelanggan, untuk meminimalisir jumlah barang yang tak terjual.

6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
          Melakukan iklan - iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
         Memasarkan promosi dari lingkungan sekitar





















BAB VII
PENUTUP


7.1. KESIMPULAN
Setelah saya melaksanakan semua prosedur dalam menjalankan usaha Flaflor ini, saya banyak mengamati serta mendapatkan beberapa pelajaran, yaitu :
  • Tugas Proposal Pendiriran Usaha sangat sangat bermanfaat bagi saya untuk mendapatkan pengetahuan serta langkah – langkah dalam pendirian sebuah usaha baru.
  • Dengan pelaksanaan ujian praktek ini mengajarkan saya untuk dapat jeli didalam melihat peluang usaha baru khusunya industri micro kreatif.
  • Mengajarkan saya bahwa untuk mendapatkan uang itu tidak mudah.
  • Hubngan yang baik antara customer dengan owner akan meningkatkat nilai dari usaha.
  • Perencanaan yang tepat dan matang akan sangat krusial karena berhubungan erat dengan perjalanan usaha kedepannya.

 

 

Komentar

  1. pembahasannya cukup lengkap Kak, terimakasih cukup membantu...
    Aplikasi Kasir Android Offline

    BalasHapus
  2. Cukup sederhana dan mudah dipahami. BOleh dicontoh ya

    BalasHapus
  3. bet88 1xbet korean 2021 – Sports betting in Korea
    Bet88 is a legal sportsbook in South Korea and is a licensed in Korea. They have operated on a number of gambling platforms. Rating: 4.9 · ‎16 1xbet reviews

    BalasHapus
  4. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Isi Proposal Pendirian Usaha Kewiraushaan

Contoh kata Pengantar Proposal Pendirian Usaha Kewiraushaan